Jelajah Kuliner Unik Nusantara

Rabu, 02 Mei 2012

Military Camp UI - Student Development Program 2012



Ingat terus saat itu sobat, saat kita selalu bersama di tengah dinginnya bumi Cikoneng... 

Pertama kali saya mendengar kata Military Camp, saya cukup takut. Karena di pikiran saya pasti akan penempaan-penempaan fisik yang kurang saya suka. Tapi saya mencoba untuk bisa melawan ketakutan itu. Karena menurut saya, hal seperti itu harus diberikan kepada setiap individu yang ingin menjadi ‘pemimpin’ bangsa. Kecerdasan intelektual saja tidak cukup, tetapi juga harus diimbangi dengan kekuatan fisik. 27 Mei 2012 datang juga. Hari Jumat, para peserta UISDP 2012 termasuk saya harus sampai pukul 13.40 WIB tepat waktu, apapun kondisinya. Sehingga saya dan teman yang lain, mau tidak mau harus berlari, meskipun dengan membawa beban yang cukup berat agar tidak sampai dengan membawa beban yang cukup berat agar tidak sampai terlambat. 
Syukur Alhamdulillah, saya dapat sampai pukul 13.39.  Itu artinya saya tidak dapat punishment, bagiyang terlambat. Kami dibawa dengan bis kuning (bikun) menuju lokasi Military Camp. Saya masih tak punya gambaran tentang lokasi yang akan kami tempati selama Military Camp ini. Dalam canda dan tawa, kami berusaha agar tak perlu memikirkan tentang apa yang akan ada di Military Camp. 
Empat jam perjalanan telah kami lalui demi sampai di Cikoneng. Lelah, pastilah. Akan tetapi seorang pemimpin tak kenal akan arti lelah. Bikun yang membawa kami berhenti di suatu lokasi. Kami harus turun dan berjalan kaki, karena bis kami tak mampu melewati terjal dan sempitnya jalan di bumi Ciburial. Perjalanan kami dimulai. Dengan membawa beban yang kami bawa dari Depok, kami berusaha naik menuju barak kami yang berada cukup jauh dari lokasi bis yang berhenti. Lelah, lunglai, lemas, letih, lesu, semua terkumpul menjadi semangat kami bahwa kami bisa. 
Sampai di Cikoneng, saya pribadi cukup bingung. Karena dalam pikiran saya, kita akan dibawa ke lokasi yang serba militer. Akan tetapi, kita justru dibawa ke suatu perkampungan yang cukup terisolir dari keramaian. Saya justru senang tentunya, bisa berkemah dalam suasana yang dingin dan melatih kita untuk merasakan kemandirian di lokasi itu.
Selama 3 hari 2 malam, saya dan sahabat UISDP yang lain dilatih fisik dan mentalnya di bumi Ciburial, Cikoneng, Bogor. Kita disuruh Push up, PBB, lari dan sebagainya. Disana pula kita dituntut untuk semakin resperct to time, to system, and people. Ditambah dengan outbond dan ditutup dengan perang gerilya, menambah keyakinan saya bahwa Military Camp ini adalah hal yang tak akan pernah saya lupakan dalam sejarah hidup saya. Dan akan saya jadikan Military Camp ini sebagai bekal untuk saya menjadi seorang pemimpin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar